Obat Tradisional, Dari Tanaman Jambu Biji

Jambu biji memang tergolong buah yang segar, terutama jika diolah menjadi jus yang nikmat. Akan lebih nikmat jika mengkonsumsinya dengan dicampur dengan es batu. Namun, siapa sangka tanaman yang memiliki banyak biji dalam buahnya ini dapat dijadikan obat herbal yang tak banyak orang yang mengetahuinya. Dengan menanam tanaman jambu biji di depan rumah maupun disudut rumah Anda yang lain dipercaya akan mebawa khasiat yang tak terduga. Tanaman yang dari buah sampai daun ini memiliki banyak manfaat yang tak terhingga. Sehingga tanaman ini banyak ditanam oleh orang-orang yang memiliki lahan yang berair dan subur serta cocok untuk pertumbuhan tanaman ini.

Salah satu bagian yang bermanfaat pada tanaman ini adalah daunnya. Daun pada jambu biji ini memiliki khasiat yang terbukti ampuh sebagai obat dalam melawan gejala diare. Banyak negara-negara tropis yang menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan. Sebab, tanaman ini mengandung zat yang bermanfaat seperti Vitamin C yang tingi yang dibutuhkan oleh tubuh. Adanya flavonoid seperti quercetin juga berkhasiat bagi tubuh Anda.

Daun ini dapat digunakan sebagi minuman bercampur dengan teh yang sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin. Yang manfaatnya adalah mengatasi berbagai masalah kesehatan. Banyak peneliti yang erasa penasaran dengan daun jambu biji ini khususnya manfaat yang ada di dalamnya. Seperti dapat mengontrol kolesterol. Dengan meminum teh jambu biji, akan dipercaya ampuh bagi pengontrolan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh Anda. Dalam penelitian yang pernah ada, menyebutkan bahwa terjadi penurunan yang cukup signifikan. Kemudian, di sisi lain adalah mampu mengatasi diabetes. Adanya kandungan flavonoid dan senyawa yang terdapat dalam daun jambu biji ini mampu menjaga gula darah agar tetap rendah setelah mengkonsumsi karbohidrat.

Tanaman jambu biji memang benar-benar sudah terbukti khasiatnya sebagi obat herbal yang sewaktu-waktu dapat Anda butuhkan. Dengan menanam tanaman ini di rumah , Anda berarti sudah berjaga-jaga menyimpan obat berkhasiat herbal tanpa membutuhka obat-obatan kimia lainnya dari rumah sakit.

Leave a Reply