Ramuan Tradisonal, Dibalik Indahnya Tanaman Kumis Kucing

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus ini adalah sebuah tanaman herbal yang termasuk dalam famili labiatae. Tanaman ini banyak dijumpai di sekitar Anda. Dan juga dipercaya ampuh dalam kesehatan kita. Tanaman yang berasal dari Afrikan ini memiliki iri-ciri seperti berbatang basah dan tegak, bagian bawah tanaman ini berakar tunggang, dengan berdaun bundar dan lonjong yang memiliki panjang sekitar 1 sampai dengan 10 cm. Adapaun tangkai tanaman ini berwarna ungu dan kehijauan.

Daun yang tumbuh pada batang tanaman ini pun berselang-seling. Dan juga biji yang berwarna putih kehitaman, sedangkan yang sudah tua biasanya akan berwarna coklat kehitaman-hitaman. Biasanya tanaman ini tumbuh dengan subur di tanah yang gemur, subur dah berhumus serta memiliki sumber air yang banyak. Karena tanaman ini akan menyimpan membutuhkan banyak penyerapan cairan.

Adapun khasiat herbal yang ada pada tanaman ini adalah untuk memperlancar pengeluaran air kencing atau memperlancar proses berkemih. Jika Anda memiliki kesulitas dalam berkemih Anda dapat mengkonsumsi tanaman ini. Karena kesulitan berkemih Anda akan berakibat pada infeksi saluran kemih Anda. Adapn cara penggunaan tanaman ini sebagai obat Anda untuk memperlancar buang air kecil adalah dengan mengambil sebanyak 25 gram daun yang masih segar. Rebus dengan menggunakan 2 gelas air sekitar kurang lebih 15 menit. Kemudian minum ramuan berkhasiat ini pada pagi dan sore hari sekitar ½ gelas setiap minumnya. Selain itu, tanaman ini terbukti khasiatnya menyembuhkan rematik. Sebenarnya, rematik merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem persendian manusia.

Bagi Anda yang suka bermain judi bola dan mengalami penyakit ini akan merasakan nyeri yang tak tertahankan. Adapun pengobatan biasanya merujuk pada penanganan pengurangan nyeri. Terdapat beberapa cara tradisional dalam penyembuhan ini. Dengan merebus 5 helai daun kumis kucing dan juga daun meniran dengan ditambah 3 gelas air. Setelah dingin, maka minumlah ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Maka Anda akan merasakan manfaatnya. Di sisi lain, daun kumis kucing ternyatat memiliki khasiat ampuh dalam mengobati batuk. Gejala yang sering dialami oleh sebagain besar manusia ini kerap sekali mendapat pertolongan herbal. Salah satunya adalah menggunakan daun kumis kucing. Cara penggunaan untuk obat batuk ini cukup mudah. Anda dapat mengambil 12-20 gram daun kumis kucing segar ditambah dengan air. Setelah daun dicuci bersih, rebus dan minumlah sebanyak tiga kali sehari yang masing-masing takarannya satu gelas.

Manfaat alam dan tanaman sekitar kita memang sangatlah banyak. Tanaman kumis kucing ini khususunya mampu memberikan pertolongan pertama bagi Anda yang menderita sakit. Sehingga Anda dapat mengatasi dengan memasukkan tanaman ini ke dalam daftar tanaman apotik hidup di rumah.

Leave a Reply